Implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cerdas Murni Medan

Main Author: Siregar, Hilmi Wahdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7146/1/1823100241.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7146/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana: 1) Penggunaan Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam dengan Kepala Sekolah dan sesama guru di SMP Cerdas Murni. 2) Hubungan guru Pendidikan Agama Islam dengan siswa, sesama guru dan kepala sekolah di SMP Cerdas Murni Medan. 3) Hubungan guru Pendidikan Agama Islam dengan masyarakat lingkup sekolah di SMP Cerdas Murni Medan. Penelitian yang digunakan untuk menganalisis implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cerdas Murni Medan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan jenis, penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi secara fakta dan menganalisanya dengan logika ilmiah. Penelitian ini dibatasi oleh waktu dan tempat, dan kasus yang dipelajari berupa program, peristiwa, aktivitas, atau individu. Hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam adalah: 1. Penggunaan komunikasi guru PAI dengan kepala sekolah dan sesama guru di SMP Cerdas Murni Medan adalah sebagai berikut: a. Komunikasi dengan Bahasa Formal dan komunikasi dengan Bahasa yang sopan dan baik. b. Komunikasi dengan lemah lembut, Sopan dan santun, Lugas dan Jelas. 2. Hubungan guru PAI dengan siswa, sesama guru, dan kepala sekolah di SMP Cerdas Murni adalah: a. Dilakukan dengan baik serta secara langsung, dengan memberikan teguran, sindiran ataupun dengan isyarat pencegahan dan penyembuhan bertujuan untuk mendisiplinkan siswa dan memberi tahu siswa atau menyadarkan siswa dari kesalahannya. b. Berjalan dengan baik dengan mengutamakan persepsi pemikiran yang sama demi terwujudnya cita-cita dari visi misi yang telah dibuat oleh yayasan di cerdas murni dan dibantu langsung oleh Wali kelas siswa, guru BP/BK, PKS kesiswaan, dan kepala sekolah SMP Cerdas Murni. c. Rasa hormat dan menghargai serta menjunjung tinggi norma-norma aturan, program tersendiri untuk mengembangkan bidang keagamaan. 3. Hubungan guru Pendidikan Agama Islam dengan masyarakat lingkup sekolah di SMP Cerdas Murni Medan adalah dalam hal menyelenggarakan bakti sosial, bencana alam, gotong royong, serta menjadi teladan di masyarakat dengan selalu berpakaian rapi dan mengucap salam disaat berjumpa.