The students’ error in writing descriptive text at grade VIII-3 SMP Negeri 4 Panyabungan
Main Author: | Sa'adah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/714/1/14%20203%2000097.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/714/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menceritakan tentang kesalahan siswa dalam menulis deskriptif text. Tujuan dari penelitianini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa SMP Negeri 4 Panyabungan pada kelas VIII-3 dalam menulis deskriptif teks, menemukan kesalahan yang dominan, dan mendeskripsikan penyebab dari kesalahan yang dominan tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menulis deskriptif teks. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa dari SMP Negeri 4 Panyabungan pada kelas VIII-3 dengan jumlah sepuluh siswa. Instrument yang digunakan adalah tes menulis dan interview terhadap siswa yang lebih banyak kesalahannya. Data tersebut diproses membaca tulisan siswa, mengidentifikasi yang salah, menandai yang salah, mengklasifikasi yang salah, menghitung yang salah untuk mendapatkan kesalahan dominan, dan membuat simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa kesalahan siswa dalam menulis teks deskriptif memiliki empat puluh item dengan kelalaian article, to be, adverb, conjunction, and proposition. Ada tujuh item kesalahan siswa dengan penambahan adverb, to be, conjunction, and pronoun. Ada enam puluh enam item kesalahan siswa dengan misformasi dari pronoun, main verb, singular, plural, possesive, and adverb. Ada delapan puluh lima item kesalahan siswa dengan kesalahan misordering darinoun phrase and adverb. Kemudian, kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa disebabkan oleh misordering dari noun phrase. Yang terakhir, alasan siswa melakukan banyak kesalahan tersebut karena mereka menulis teks deskriptif denganmenerjemahkan kata demi kata dari kamus Indonesi ke Inggris