Faktor-faktor yang memengaruhi minat nasabah dalam pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan

Main Author: Sari, Lina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7077/1/1640100250.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7077/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi minat nasabah yang menggunakan pembiayaan mudaharabah di Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan yang berjumlah 39 nasabah. Dan adapun faktor-faktor yang memengaruhinya minat nasabah yaitu faktor budaya, sosial, dan faktor pribadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini dibatasi oleh budaya, sosial, dan pribadi yaitu untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, dan pribadi terhadap minat nasabah menggunakan pembiayaan mudharabah. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan peneliti adalah teori teori yang berkaitan dengan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan minat nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, sumber data yang di gunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan pembiayaan mudharaah di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan dengan jumlah sampel 39 nasabah dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial faktor budaya, sosial dan faktor pribadi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dalam pembiayaan mudharabah dengan nilai thitung > ttabel (4,556 > 1,68709) maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya dapat pengaruh terhadap minat nasabah dalam pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa nilai fhitung > ftabel (12,362 > 3,26) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara simultan faktor budaya, sosial, dan pribadi mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan pembiayaan mudharabah Pada PT. Bank Muamalt Indonesia Tbk, KCU Padangsidimpuan.