Upaya peningkatan baca tulis Al-Qur'an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas Sugijulu Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Pakpahan, Umron
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7068/1/1620100087.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7068/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran baca dan tulis Al-Qur‟an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas Sugijulu Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan yang kurang berhasil. Hal ini dapat dilihat dari beberapa santri yang tidak lancar membaca dan menulis Al-Qur‟an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang di lakukan dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur‟an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas, bagaimana kendala dalam meningkatkan baca tulis al Qur‟an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas dan. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam meningkatkan pembelajaran Baca tulis Al-Qu‟ran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas, mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran baca tulis Al-Qu‟ran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dilakukan dalam bentuk kualitatif deskritip. Yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penelitian yang ditempuh dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas Sugijulu Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan dan guru-guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas Sugijulu Kcamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset di lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah upaya yang di lakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas adalah Memberikan perhatian penuh kepada santri, Mengajari santri cara melafalkan huruf hizaiyah, Mengadakan kompetisi antar santri, Melagukan ayat-ayat Al-Qur‟an, Mengadakan rapat dengan orang tua santri menggunakan metode bervariasi. Dan kendala yang dihadapi di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas adalah Kurangnya minat dan motivasi santri dalam belajar baca tulis Al-Qur‟an, Terbatasnya waktu dalam belajar,Sarana dan prasarana belum memadai, Loyalitas orang tua santri masih kurang berpartifasi.