Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih gadai emas pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan

Main Author: Nasution, Ummi Kalsum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7057/1/1740100235.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7057/
Daftar Isi:
  • Gadai emas merupakan produk andalan yang paling banyak diminati oleh nasabah di Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Hal ini ditandai dari data nasabah yang meningkat selama empat tahun berturut-turut (2016-2019). Akan tetapi hal tersebut menjadi pertanyaan dikarenakan pada tahun selanjutnya (2020) jumlah nasabah di pegadaian tersebut mengalami penurunan. Adanya penurunan tersebut menjadi perhatian apakah penurunan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor promosi, prosedur kemudahan dan nilai taksiran emas terhadap keputusan nasabah memilih gadai emas pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengertian keputusan nasabah, faktor-faktor eksternal yang memengaruhi pengambilan keputusan nasabah, tahapan dalam proses pengambilan keputusan, pengertian promosi, tujuan promosi, cara promosi, pengertian prosedur kemudahan serta nilai taksiran emas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), uji koefisien determinasi (R2 ) serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan program SPSS versi 26 diperoleh bahwa variabel promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Variabel prosedur kemudahan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah. Variabel nilai taksiran emas secara parsial berpengaruh terhadap keptusan nasabah memilih gadai emas. Sedangkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel promosi, prosedur kemudahan serta nilai taksiran emas secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah memilih gadai emas pada PT. Pegadaian Cabang Syariah Alaman Bolak Padangsidimpuan.