Analisis pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap minat nasabah menggadaikan di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan

Main Author: Lubis, Sri Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7008/1/1440100070.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/7008/
Daftar Isi:
  • Persaingan yang begitu keras di lembaga keuangan, menuntut lembaga keuangan syariah melakukan strategi untuk memperkenalkan produk yang mereka tawarkan ke nasabah. Permasalahan penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan jumlah nasabah Di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan yang tiap tahunnya mengalami penurunan Di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan adalah Lokasi dan Pelayanan. Adapaun permasalahan yang diteliti yaitu seberapa banyak Minat Nasabah menggadaikan Di Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak Kota Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang identifikai masalah, batasan masalah, rumusan masalah, definisi operasional variabel, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, kerangka teori, penelitian terdahulu. Secara umum penelitian ini banyak bersinggung dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji signifakansi parsial (uji t), uji simultan (uji F). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 91 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah randam sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat hasil analisis koefisien determinasi (R2 ) nilai adjusted R square sebesar 0,511 atau 51,1% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya, 48,9% .Pada variabel Pelayanan secara parsial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,091 ˂ 1,662) Ha2 diterima. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Lokasi dan Pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Nasabah, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (22,496 > 1,662) maka Ha3 diterima.