Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Pohan, Hannum Haridayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6995/1/1620500036.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6995/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan yang sudah diterapkan. Namun belum efektif karena guru belum sepenuhnya menguasai kurikulum 2013 ini, salah satu penyebab guru kurang menguasai kurikulum 2013 ini karena kurangnya sosialisasi dari dinas pendidikan dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan pembelajaran masih perlu dilengkapi seperti infokus agar pembelajaran terlaksana secara maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Apa saja kendala-kendala yang ditemukan dalam Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Apa saja upaya yang dilaksanakan dalam menanggulangi masalah implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Untuk mengetahui kendala-kendala (problematika) yang ditemukan dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Untuk mengetahui apa saja upaya yang dilaksanakan dalam menanggulangi masalah implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian dapat diperoleh dari data primer. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 101025 Mandala Aek Horsik Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan sudah terlaksana meskipun belum efektif, selain itu faktor-faktor pendukung penerapan kurikulum 2013 sangat sedikit (minim), dan kendala-kendala dalam penerapan kurikulum 2013 masih banyak. hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan pembelajaran masih perlu dilengkapi seperti infokus agar proses pembelajaran terlaksana secara maksimal.