Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an Surah Yusuf
Main Author: | Pasaribu, Muhammad Donal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6991/1/1723100184.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6991/ |
Daftar Isi:
- Setiap muncul problem dalam kehidupan bermasyarakat, obat penyembuhnya diharapkan dari pendidikan. untuk menumbuhkembangkan sikap manusia agar menjadi lebih sempurna secara moral dan menjadikan manusia berakhlak. Untuk itu pengkajian nilai-nilai Pendidikan baik ia pendidikan keimanan, akhlak dan sosial sangat dibutuhkan. Salah satu metode yang kreatif dan mudah diterima oleh masyarakat yaitu metode keteladanan. Suatu keteladanan mempunyai posisi yang tanpa disadari mampu mempengaruhi jiwa seseorang. Apalagi kisah tersebut terkandung dalam Al-Qur’an seperti Kisah Nabi Yusuf. Dalam surah tersebut diungkapkan mengenai nilai-nilai keimanan, akhlak dan sosial yang dimiliki oleh Nabi Yusuf dan beberapa di dalamnya, seperti ayahnya, saudara-saudara Nabi Yusuf, sang raja, istri raja. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Penulis menggunakan pendekatan filosofis (pemecahan masalah diselidiki secara rasional melalui penalaran yang terarah) dan paedagogis (mencoba menjelaskan lebih rinci konsep yang ada dengan menggunakan teori pendidikan, yakni menganalisa lebih dalam nilai-nilai pendidikan keimanan, akhlak dan sosial dalam Surah Yusuf). Sedangkan metode pengumpulan data adalah dengan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam surah Yusuf terkandung nilai-nilai pendidikan keimanan. Nilai pendidikan keimanan tersebut adalah nilai tauhid ayat 40, nilai religius ayat 30, ayat 101 dan ayat 108, nilai taqwa ayat 2325. kemudian, Nilai-nilai pendidikan Akhlak. Nilai pendidikan akhlak tersebut adalah sikap terbuka kepada orangtua ayat 4, nilai santun ayat 89-90, nilai kejujuran ayat 46, ayat 7-12 dan ayat 14-18, dan nilai-nilai pendidikan sosial. Nilai pendidikan sosial tersebut adalah nilai tanggung jawab ayat 13, dan nilai tolong menolong ayat 20.