Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara
Main Author: | Fauzi, Asrobiatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6990/1/1723100180.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6990/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam studi pendahuluan, pembelajaran yang sudah memenuhi keefektifan dan kesesuaian pelaksanaan, seharusnya siswa sudah mampu memahami serta mampu menerapkan nilai-nilai agama, seperti menjawab salam dari guru, menyapa guru terlebih dahulu saat bertemu, membaca do‟a sebelum memulai pembelajaran, bertanya kepada guru agama tentang materi yang sudah dipelajari ataupun yang sedang dipelajari saat pembelajaran berlangsung, mendengarkan penjelasan guru dengan khidmat, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, mengikuti peraturan-peraturan sekolah dan juga peraturan yang ada di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara.Namun pada realitanya ditemukan bahwa kualitas pemahaman siswa terhadap materi pelajaran masih sangat jauh dari tujuan pembelajaran, sehingga dirasa perlu ditinjau lebih dalam dari cara guru melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu: (1.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. (2.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan metode pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. (3.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam penggunaan media pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. (4.) Untuk mengetahui problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam evaluasi pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian lapangan (field research), penelitian ini dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting) di lapangan atau lokasi penelitian dengan metode pengumpulan data: observasi, dukumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi, member chek, menggunakan bahan refrensi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam perencanaan pembelajaran yaitu pada penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, guru masih belum memahami betul prosedur penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, juga sistem pengelolaan kelas, dalam perencanaan belum sesuai dengan standard. (2) Penggunaan metode, guru dalam menyesuaikan metode dengan bahan ajar yang akan disampaikan masih belum maksimal. (3) Penggunaan media, guru kurang menguasai dalam mengoperasikan komputer dan laptop. (4) Evaluasi pembelajaran masih ditemukan di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum, sehingga guru harus tetap berupaya untuk meluluskan peserta didik meskipun karakternya kurang mendukung.