Program dan strategi kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan

Main Author: Lubis, Nailan Ni’mah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6988/1/1723100222.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6988/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah tentang program dan strategi kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi ini, karena pada masa ini banyak lembaga pendidikan yang hanya melaksanakan proses pembelajaran secara jarak jauh atau dengan istilah Daring. Tapi mengamati proses pembelajaran yang terlaksana di SMA Islam Terpadu Darul Hasan tetap melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menelusuri lebih lanjut mengenai program dan strategi kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program dan strategi kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Untuk melihat masalah di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa program kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 masih sangat baik. Ada dua program yang urgen dilaksanakan kepala sekolah pada masa pandemi ini yaitu program bidang kurikulum dan program bidang sarana dan prasarana. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 meliputi beberapa strategi yang relevan dengan situasi dan kondisi sekarang yaitu strategi peningkatan kemampuan mengajar guru, strategi optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, dan strategi menjalin kerja sama dengan masyarakat. Program guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 masih sama seperti biasanya sebelum wabah covid19 ada, yaitu program tahunan, program semester dan program ekstrakurikuler, ketiga program sangat urgen untuk dilaksanakan pada proses pembelajaran. Strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi covid-19 masih sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditargetkan yaitu strategi belajar individual, strategi belajar bentuk kelompok, dan strategi belajar dengan bahan pelajaran disajikan kepada siswa dalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasainya.