Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan CV. Martabe Prima Lestari
Main Author: | Siregar, Saripah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6975/1/1740200246.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6975/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah semakin meningkatnya persaingan bisnis dapat memberikan efek yang baik dan buruk bagi setiap perusahaan bisnis, dimana perusahaan dituntut untuk terus menganalisis lingkungan internal dan eksternal bagi perusahaan khususnya pada CV. Matabe Prima Lestari. Disamping itu masalah yang ada pada penelitian ini yaitu strategi apa yang dilakukan CV. Martabe Prima Lestari untuk meningkatkan penjualan usaha serta mengetahui apa saja dampak negatif, kekuatan, ancaman dan juga peluang untuk menarik masyarakat agar tetap bertahan pada perusahaan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan CV. Martabe Prima Lestari yang bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan untuk meningkatkan penjualan CV. Martabe Prima Lestari. Pembahasan penelitian ini berkaitan tentang strategi pemasaran meliputi, pengertian strategi, pengertian pemasaran, pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, faktor-faktor strategi pemasaran, indikator strategi pemasaran. Begitu juga dengan penjualan yang meliputi pengertian penjualan, faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan, serta indikator penjualan. Dan analisis SWOT meliputi pengertian analisis SWOT, lingkungan internal perusahaan, lingkungan eksternal perusahaan, dan analisis SWOT dalam perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS, dan matriks EFAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha CV. Martabe Prima Lestari memperoleh nilai skor IFAS 2,7 yang menunjukkan bahwa posisi internal dalam perusahan ini cukup kuat, sedangkan pada nilai skor EFAS 4,0 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yang ada dengan cara menghindari ancaman-ancaman yang ada pada perusahaan tersebut.