Determinan minat masyarakat Kecamatan Batang Toru Menggunakan Produk Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru

Main Author: Sari, Ika Purnama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6971/1/1640100018.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6971/
Daftar Isi:
  • Kurangnya minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas. Kenaikan harga emas membuat sebagian masyarakat cenderung ingin memiliki emas. Hal ini menyebabkan minat masyarakat untuk miliki emas juga mengalami kenaikan. Produk cicil emas yang ada di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru menarik perhatian masyarakat untuk memiliki emas. Namun, yang terjadi pada masyarakat Kecamatan Batang Toru mereka merasa terbebani dengan uang muka yang diberikan pihak bank kepada masyarakat yaitu sebesar 20%, sehinggga masyarakat lebih memilih mencicil emas dengan cara yang muda bersifat konvensional dibandingkan dengan yang bersifat syariah. Meskipun Harga emas yang diberikan pada pihak PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru harga dimana emas dibeli dihari itu juga sama halnya dengan membeli emas secara langsung ke toko emas. Adapun masalah yang diteliti Determinan Minat Masyarakat Kecamatan Batang Toru Menggunakan Produk Cicil Emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah promosi, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Minat dapat diartikan sebagai kecenderungan yang tinggi terhadap sesuatu, tertarik, perhatian, gairah dan keinginan. Promosi adalah semua kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan pelanggan pada produk. Harga adalah nilai yang diberikan konsumen terhadap barang atau jasa. Kualitas pelayanan adalah kemampuan pemberi pelayanan dalam melayani pengguna barang atau jasa tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori promosi, harga, kualitas pelayanan dan minat masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan anilisis uji regresi berganda, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 100 masyarakat Kecamatan Batang Toru. Teknik pengambilan sampel dengan samplinginsidential. Pengolahan data dilakukan dengan spss versi 23. Hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat dari uji (Adjusted R Square). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukan bahwa promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Harga berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Dan Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru. Dilihat dengan uji F promosi, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat Kecamatan Batang Toru menggunakan produk cicil emas di PT. Bank Syariah Mandiri KCP Batang Toru.