Profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Rosalina, Amelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6954/1/1620100105.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6954/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru profesional merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi dalam rangka meningkatkan kualitas proses pendidikan di sekolah. Guru memiliki peran yang sangat penting yang berkaitan dengan pendidikan sebagai tempat mengembangkan profesinya. Media pemebelajaran adalah alat bantu berupa fisik dan non fisik yang sengeja digunakan sebagai perantara antara tenaga pendidik dan peserta didik dalam memahami materi pelajaran dan agar lebih efektif dan efesien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Media yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1, Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Bagaimana profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Puncak Sorik Marapi Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah Secara metode penelitian ini didekatkan dengan deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan mengimprestasikan objek sesui apa adanya. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data yang dibutuhkan adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1, Puncak Sorik Marapi, Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal data primernya guru Pendidikan Agama Islam dan data skundernya kepala sekolah dan siswa. Adapun analisis datanya adalah dari wawancara dan pengamatan yang sudah dituliskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media pembelajaran yang digunakan di SMP Negeri 1Puncak Sorik Marapi ialah laptop, buku pelajaran, gambar dan poster, papan tulis dan guru pendidikan agama Islam menyesuaikan media pembelajaran dengan materi pelajaran. Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pemlajaran penggunaan media pembelajaran sudah cukup baik. hal itu dapat dilihat, dari kemampuan guru dalam memilih media pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan serta tujuan pembelajaran, mempersiapkan, serta menggunakannya dalam proses pembelajaran,walaupun ada beberapa materi, guru hanya menggunakan media cetak , yaitu buku paket saja. Hal tersebut dikarenakan keadaan sarana dan prasana dan pengadaan media pembelajaran yang terbatas, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif untuk menciptakan kondisi belajar yang kondusif.