Pengaruh model pembelajaran diskursus multi refresentatif (DMR) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi bilangan bulat di kelas VII MTsN 4 Tapanuli Selatan

Main Author: Mantasia, Mantasia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ia
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6953/1/1620200023.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6953/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di madrasah yang membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran dengan model yang tidak bervariasi yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehinnga peserta didik kesulitan dalam memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajara Diskursus Multi Refresentatif (DMR) dengan konvensional Materi Operasi Bilangan Bulat di kelas VII MTsN 4 Tapanuli Selatan Kec. Sayur Matinggi Kab. Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran Diskursus Multi Refresentatif (DMR) dengan Konvensional pada materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 4 Tapanuli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Nonequivalent Control Group. Instrument penelitian menggunakan tes essay. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-I dan kelas VII-II Tapanuli Selatan 46. Sampel dalam penelitian diambil teknik cluster random sampling yaitu 46 siswa. Sampel kelas eksperimen (VII-I) yang diberikan model pembelajaran Diskursus Multi Refresentatif (DMR) yang berjumlah 24 siswa dan kelas Kontrol (VII-II) di berikan model pembelajaran Konvensional yang berjumlah 22 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 0,477< ttabel = 2,025 Sig > 0,05 maka Ha diterima dan sebaliknya H0 ditolak . Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “Terdapat Pengaruh Sinifikan Menggunakan Model Pembelajaran Diskursus Multi Refresentatif (DMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat di Kelas VII Tapanuli Selatan Kec. Sayur Matinggi Kab. Tapanuli Selatan.