Pengaruh profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Harahap, Sri Yulianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6930/1/1620100137.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6930/
Daftar Isi:
  • Pada penelitian ini bahwa guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Padang Bolak memiliki kriteria profesionalisme guru sebagaimana indikator yang dimiliki guru tersebut yaitu menguasai bahan bidang studi, mengelola program belajar mengajar, menggunakan media dan menguasai macam-macam metode. Sehingga siswa-siswa mampu menerima pembelajaran dengan baik dan mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran profesionalisme guru pendidikan agama Islam, (2) bagaimana gambaran hasil belajar siswa, (3) apakah ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru pendidikan agama Islam, untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Bolak.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Bolak Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto, dengan jumlah populasi sebanyak 107 siswa, kelas XI, siswa SMA Negeri 1 Padang Bolak dan sampel sebanyak 52 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Data profesionalisme guru pendidikan agama Islam diambil dari angket dengan jumlah item sebanyak 23 pernyataan sedangkan hasil belajar diambil dari raport ujian akhir semester. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa profesionalisme guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Padang Bolak berjalan dengan baik, hal ini dilihat dari kemampuan guru menguasai bahan bidang studi, menggunakan media dan macam�macam metode. Sehingga hasil belajar siswa dikategorikan baik karena telah mencapai nilai ketuntasan. Adapun hasil uji hipotesis, diperoleh thitung > ttabel yaitu (6,892 > 2,00856) dengan korelasi 0,698 termasuk memiliki hubungan yang cukup kuat antara kedua veriabel. Presentase sumbangan pengaruh profesionalisme guru pendidikan agama Islam terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 48,7%, sedangkan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru pendidikan agama Islam hanya memiliki pengaruh sebesar 48,7% terhadap peningkatan hasil belajar siswa sementara sisanya sebesar 51,3% dipengaruhi variabel lainnya.