Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Badiri Tapanuli Tengah
Main Author: | Asmi, Nazia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6849/1/1620200104.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6849/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran disekolah pada materi (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) SPLDV hanya menggunakan buku sekolah dengan menggunakan metode ceramah dan latihan, sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam memperhatikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memproses dan menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning pada materi (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) SPLDV yang berkualitas yaitu valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Subjek uji coba produk pengembangan ini adalah peserta didik kelas VIII-2 SMP N 1 Badiri Tapanuli tengah dengan jumlah peserta didik 30 orang. Prosedur penelitian terdiri dari atas lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian ini berupa: (1) Kevalidan produk pengembangan oleh ahli media dikategorikan “valid“ dengan nilai rata-rata 3,67 dan oleh ahli materi dikategorikan “valid” dengan nilai rata-rata 3,7. (2) Kepraktisan yang dilakukan siswa memperoleh nilai rata-rata = 3,37, dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan guru matematika dengan memperoleh 3,67, dengan kategori “sangat baik”. (3) Keefektif dalam pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dilihat dari Tes hasil belajar siswa setelah menggunakan media yang dikembangkan dengan nilai ketuntasan 73%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.