Upaya guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri No. 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara
Main Author: | Simamora, Indah Harsima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6840/1/1620500073.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6840/ |
Daftar Isi:
- Adapun latar belakang masalah penelitian ini bahwa keaktifan belajar belajar siswa dalam pelajaran IPS kurang bagus diakibatkan dengan upaya yang digunakan guru terlalu monoton tidak ada variasinya sehingga siswa merasa jenuh atau bosan dan kurang meminati pelajaran IPS tersebut. Adapun yang menimbulkan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keaktifan belajar siswa di SDN 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, dan apa yang menjadi hambatan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di SDN 101490 Padang Bujur Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang artinya menggambarkan keadaan yang ditemui di lokasi penelitian yang terdiri dari fakta-fakta , kejadian dan menggambarkan objek yang diteliti secara sistematis. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Kemudian data-data tersebut dianalisa dengan menggunakan logika dan berfikir ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa guru Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Adapun upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa sebagai berikut: diskusi kelompok, saling lempar pertanyaan, pemberian tugas, demonstrasi. Kemudian upaya yang digunakan guru Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut berjalan dengan lancar serta objektif atau apa adanya. Adapun faktor pendukung yang dilakukan guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa diantaranya menyediakan buku IPS di Perpustakaan serta guru memberikan motivasi untuk lebih giat belajar, dan adapun hambatan diantaranya siswa bermalas-malasan untuk belajar ke perpustakaan yang telah disediakan oleh sekolah tersebut.