Penerapan teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi KPK dan FPB siswa kelas VA SDN 200112 Padangsidimpuan
Main Author: | Hasibuan, Muhammad Ilham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6838/1/1620500123.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6838/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah presentase hasil belajar siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas VA SDN 200112 Padangsidimpuan. Penyebabnya adalah siswa beranggapan bahwa pembelajaran matematika itu pembelajaran yang sulit dan membosankan, kurangnya interaksi antara siswa dan guru yang menyebabkan siswa pasif, dan siswa kurang paham dalam mengerjakan soal materi KPK dan FPB. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB siswa kelas VA SDN 200112 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan Teams Games Tournament pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB siswa kelas VA SDN 200112 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan-tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 200112 Padangsidimpuan yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila nilai rata-rata dan presentase ketuntasan siswa telah tercapai sesuai yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 50,62 (25%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 56,85 (37,5%) menjadi 63,43 (56,25%), pada siklus II dari 71,85 (68,75%) menjadi 76,25 (81,25%). Selain itu data yang didapatkan dari hasil observasi yang dilakukan sebelum diberikan tindakan awalnya siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dimana masih didominasi oleh guru, tetapi setelah dilakukannya tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran baik itu bertanya, mengerjakan soal, berpartisipasi dalam kelompok dan bermain game.