Implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah SD Negeri 100590 Air Kanan Kecamatan Dolok Sagompulon Kabupaten Padang Lawas Ut
Main Author: | Limbong, Neni Rahma Ningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6820/1/1620500040.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6820/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik terpadu di Kelas Rendah SD Negeri 100590 Air Kanan yang sudah diterapkan sejak 2019-2020. Namun belum efektif karena guru belum sepenuhnya menguasai pembelajaran tematik ini, salah satu penyebab guru kurang menguasai pembelajaran ini karena kurangnya sosialisasi dari dinas pendidikan dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan belajar mengajar seperti infokus dan jaringan internet. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu a. Bagaimana implementasi pembelajaran tematik terpadu diterapkan, b. Apa kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu, dan c. apa upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini adalah a. Untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik terpadu, b. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu, dan c. untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primernya adalah guru kelas 1, 2, dan 3. Sedangkan data sekunder adalah kepala sekolah, wakil kurikulum dan siswa. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu: menelaah seluruh data yang dikumpulkan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah SD Negeri 100590 Air Kanan sudah terlaksana meskipun belum efektif, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan guru dalam kegiatan belajar mengajar seperti infokus, jaringan internet dan lain sebagainya, sehinga guru-guru terkadang menggunakan pembelajaran secara konvensional ataupun pembelajaran permata pelajaran.