Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media papan berpaku Pada pokok bahasan bangun datar di kelas V SD Negeri 200208 Padangsidimpuan

Main Author: Rahmayani, Hapni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6805/1/1420200137.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6805/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah dalam pelaksanaan proses belajar mengajar matematika menunjukkan bahwa sebagian besar siswa tampak kurang berminat, kurang bergairah, dan cenderung tidak aktif sehingga tidak mencapai target pembelajaran yang diinginkan.Sehingga siswa merasa kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru yang berakibat pada hasil belajar siswa menjadi rendah.Dari 27siswa12siswamendapatnilai64, 10siswamendapatnilai60, dan5 siswa mendapat nilai 75 , sementara nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) matematika 75. Dalam hal ini guru lebih sering dengan metode Ceramah dan Tanya Jawab. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan model Pembelajaran media papan berpaku agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan mampu mengemukakan pendapat sendiri sehingga hasilbelajarmatematikasiswameningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Peningkatan Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Dengan Menggunakan Media Papan Berpaku Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 200208 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200208 Padangsidimpuan. Dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 27 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yaitu analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan danrefleksi.Penelitianinidilaksanakandalam2siklus,setiapsiklus2kalipertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 200208 Padangsidimpuan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Media Papan Berpaku. Karena peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui tes yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung dari siklus I pertemuan I dari 53,57% menjadi 57,14 % siklus I pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I dari 75% menjadi 85,14% siklus II pertemuan II. Sesuai dengan indikator tindakan penelitian ini hasil yang diperoleh sudah melewati nilai rata-rata yang telah ditentukan yaitu nilai rata-rata 75 sampai siklus II pertemuan 2 yaitu 77,92 denganpersentasesiswayangtuntas85,72.