Upaya guru bidang studi Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Harahap, Kobul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6776/1/1620100062.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6776/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas dalam pembelejaran Pendidikan Agama Islam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran masih perlu melakukan kesungguhan dalam mengawasi, melatih dan membimbing siswa dalam membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah-kaidahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apa upaya guru AlQuran Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas, 2). Apa saja kendala guru Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca AlQuran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan Penelitian ini adalah: 1). Untuk Mengetahui gambaran upaya guru Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas, 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Al-Quran Hadits mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran di madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Pengelolaan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa upaya guru bidang studi Al-Quran Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padang Lawas Kabupaten Padang Lawas dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Quran yaitu mengadakan tujuan pembelajaran yang efektif dan jelas, mengadakan materi pembelajaran Al-Quran secara bertahap, memiliki metode atau strategi pembelajaran Al-Quran, dan melakukan evaluasi secara bertahap. Adapun kendala yang dihadapi guru mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Quran yaitu kurangnya minat siswa dalam membaca Al-Quran, kurangnya keterbiasaan siswa membaca Al-Quran di rumah, dan kurangnya kesadaran dan dorongan dari orang tua terhadap anaknya yang belum pandai membaca Al-Quran.