Penerapan model pembelajaran inquiry based learning pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 106 Aek Galoga Kecamatan Panyabungan

Main Author: Purba, Dedek Safitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6772/1/1620500004.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6772/
Daftar Isi:
  • Penerapan ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 106 Aek Galoga pada pembelajaran tematik sumber energi melalui penerapan model pembelajaran inquiry based learning. Salah satu penyebab rendahnya nilai belajar tematik di SD Negeri 106 Aek Galoga adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang variatif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran guru hanya menyampaikan pembelajaran tematik dengan seadanya. Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Aek Galoga dengan menggunakan model pembelajaran inquiry based learning dan mengetahui proses pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran inquiry based learning di kelas IV SD Negeri Aek Galoga. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, onservasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 106 Aek Galoga yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dalam persen sebanyak 31,81%. Siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dalam persen sebanyak 45,45%. Siklus I pertemuan 2 siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dalam persen sebanyak 59,09%. Siklus II Pertemuan 1 siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dalam persen sebanyak 68,18%. Siklus II pertemuan 2 siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa dalam persen sebanyak 81,81%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model inquiry based learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik sumber energi pada siswa kelas IVA Semester Ganjil SD Negeri 106 Aek Galoga Tahun Pelajaran 2020/2021. (2) Penerapan model inquiry based learning pada pembelajaran tematik dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu merumuskan masalah, hipotesis, rancangan/pengujian dan menyimpulkan dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disediakan oleh guru berupa media gambar yang digunakan pada siklus I dan media tanaman hidup yang digunakan pada siklus II.