Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) di Kelas V MIN 1 Sibolga
Main Author: | Lubis, Resa Amelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6759/1/1620500031.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6759/ |
Daftar Isi:
- Permasalaan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kurang maksimalnya hasil belajar siswa kelas V-b dalam pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 “bagaimana tubuh mengolah makanan”. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara optimal, pembelajaran cenderung berpusat kepada guru dengan model pembelajaran yang kurang menarik cenderung mengarah kepada model konvensional. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui (1) peningkatan hasil belajar dengan penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran tematik tema 3 subtema 1 “bagaimana tubuh mengolah makanan” di kelas V-B MIN 1 Sibolga. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian PTK dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu tes, observasi dan wawancara dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajarar siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 1 “bagaimana tubuh mengolah makanan” mengalami peningkatan setiap siklusnya. (1) hasil belajar siswa sebelum tindakan mendapat nilai rata-rata 63,3 (44,4%) meningkat pada siklus I setelah diterapkan model (TGT) nilai rata-rata menjadi 73,34 (55,6%) dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,29 (83,33%). (2) respon siswa dari bidang terhadap penerapan model pembelajaran TGT (kerjasama, disiplin dan tanggung jawab) pada siklus I dengan rata-rata hasil observasi 71,6 (pertemuan 1) menjadi 72,2 (pertemuan 2) dikategorikan cukup, meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil observasi diangka 85,5 (pertemuan 1) menjadi 86,1 (pertemuan 2) dengan kategori nilai baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik tema 3 subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V-B MIN 1 Sibolga.