Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN se Kota Padangsidimpuan

Main Author: Yuhanni, Yuhanni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6743/1/1620100029.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6743/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adanya persepsi ataupun tanggapan dari guru pamong MAN 1 Padangsidimpuan dan MAN 2 Model Padangsidimpuan terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan Tahun Ajaran (T.A) 2019/2020. Yang dibuktikan dengan hasil wawancara peneliti saat melakukan pra riset dikedua sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN Se Kota Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN Se Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu 5 orang guru pamong untuk data primer dan 2 orang wakil kepala sekolah bagian kurikulum untuk data sekunder. Hasil penelitian menyatakan bahwa Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN Se Kota Padangsidimpuan sudah terlaksana. Namun, masih perlu adanya peningkatan dari setiap komponen keterampilan mengajar, seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, dan keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil. Agar setiap keterampilan mengajar dapat dikuasai dengan baik oleh setiap mahasiswa PPL sebagai calon guru yang profesional.