Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara
Main Author: | Harahap, Nurzannah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6742/1/1620100114.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6742/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang kurang memahami pentingnya mengelola kelas dan hanya menyampaikan materi saja tanpa menyesuaikan dengan metode. Hal ini dilihat dari siswa yang sering mengantuk dan bosan dalam pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengelola kelas sangat perlu diperhatikan baik dari pengaturan fasilitas maupun pengarahan siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara dan apa kendala yang ditemukan guru dalam mengelola kelas. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dan untuk mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer penelitian ini yaitu dua orang guru Pendidikan Agama Islam dan sumber data sekunder Kepala Sekolah dan guru-guru yang lainnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa Kemanpuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMA Negeri 2 Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara dalam menggunakan metode pembelajaran masih monoton, guru Pendidikan Agama Islam masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab tanpa diselingi metode yang lain. Akan tetapi ditinjau dari pengaturan ruangan,tempaat duduk, alat-alat pengajaran, penata keindahan kelas, mengelola absen siswa sudah dilakukan dengan baik. Kendala dalam mengelola kelas adalah metode guru yang monoton dalam menyampaikan materi membuat siswa bosan dan jenuh. Siswa yang kurang menaati peraturan dan keluar masuk kelas pada saat guru menjelaskan pelajaran, Kurangnya fasilitas, seperti buku pegangan siswa dengan sistem kongsi dan meja dan kursi yang rusak sehingga menyulitkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik.