Implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Robi’ul Islam Pasar Latong Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Siregar, Siti Anni Maria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6741/1/1620100128.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6741/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter pada proses pembelajaran Akidah Akhlak di lingkungan Madrasah Aliyah Robi‟ul Islam Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas, sudah diupayakan, namun siswa/i tersebut masih belum memenuhi Akhlakul karimah di kehidupan sehari-hari, dan masih terdapat siswa/i yang datang terlambat, gemar dengan menyontek pekerjaan rumah (PR) yang di amanahkan oleh guru kepada setiap individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengimplementasian pendidikan karakter pada proses pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Robi‟ul Islam Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas? apa saja kegiatan guru Akidah Akhlak dalam pengimplementasian pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Robi‟ul Islam Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas? Serta apa kendala yang ditemui guru Akidah Akhlak dan cara mengatasinya pada proses pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Robi‟ul Islam Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai konteks penelitian. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan: 1) Proses pengimplementasian pendidikan karakter pada proses pembelajaran Akidah Akhlak yaitu melalui kegiatan: a. Mempromosikan nilai-nilai dasar etika sebagai basis karakter, b. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan perilaku yang baik, c. Mengusahakan tumbuhnya motivasi dalam diri peserta didik. 2) Kegiatan guru dalam pengimplementasian pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Robi‟ul Islam Pasar Latong yaitu: a. Menerapkan program K3 (kebersihan, keindahan, dan ketertiban. b. Guru harus menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya baik dalam ucapan dan perilakunya. c. Guru harus mengintegrasikan materi pelajaran yang diampu dengan nilai-nilai karakter yang ada. 3) Kendala yang ditemui guru Akidah Akhlak dan cara mengatasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak sebagai berikut: a. Faktor guru, b. Faktor Siswa, c. Faktor Orangtua.