Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas II SD Negeri Padangsihopal Kecamatan Huristak
Main Author: | Harahap, Asmawari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6738/1/1420100081.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6738/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam tentang membaca Al-qur‟an di kelas II SD Negeri Padangsihopal Kecamatan Huristak yang di sebabkan kurangnya buku referensi siswa, kurangnya kedisiplinan siswa, serta kurangnya waktu yang digunakan dalam belajar membaca Al-qur‟an selama proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an, Apa kendala yang ditemukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an, Apa upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an, untuk mengetahui kendala yang ditemukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an, untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kendala meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an. Penelitian kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang menggunakan instrument pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Selanjutnya penelitian ini memiliki sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islam di kelas II SD Negeri Padangsihopal Kecamatan Huristak, sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah serta guru-guru yang mengajar di SD Negeri Padangsihopal Kecamatan Huristak dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an di kelas II SD Negeri Padangsihopal Kecamatan Huristak dari 36 siswa yang belum fasih membaca Al-qur‟an lebih banyak dibanding dengan yang fasih. Bahkan masih banyak terjadi kesalahan baik dari segi tanda baca, panjang pendek bacaan. Kendala yang ditemukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an di kelas II SD Negeri Padangsihopal Kecamatan Huristak adalah kurangnya buku referensi bacaan siswa, kedisiplinan siswa, kurangnya jumlah guru Pendidikan Agama Islam, kurangnya waktu dalam belajar membaca Al-qur‟an. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala meningkatkan kemampuan membaca Al-qur‟an adalah menambah buku referensi siswa, memotivasi siswa agar lebih disiplin, menambah guru Pendidikan Agama Islam, serta mengoptimalkan waktu belajar siswa.