Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis problem based learning (PBL) pada materi perbandingan di kelas VII M. Ts. Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara
Main Author: | Simamora, Nur Azizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6730/1/1620200034.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6730/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perangkat pembelajaran yang memadai seperti LKS di sekolah tersebut, hanya berpedoman pada buku pengangan guru atau buku paket. Serta rendahnya pemahaman konsep Matematika siswa khususnya pada materi perbandingan. Waktu pembelajaran yang disediakan oleh sekolah sangat singkat, sehingga proses pembelajaran Matematika hanya berpusat pada guru saja. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang inovatif dalam menyelesaikan soal Matematika. Adapun rumusan masalah yaitu validitas LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Perbandingan dan praktikalitas LKS berbasis PBL pada materi Perbandingan di Kelas VII M. Ts. Swasta Darul Istiqomah, Hutapadang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS berbasis PBL pada materi Perbandingan dan praktikalitas LKS berbasis PBL pada materi Perbandingan di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu analysis, design, development, implemention, and evaluations. LKS berbasis PBL pada materi Perbandingan dikembangkan melalui tahapan validasi ahli media dan ahli materi. Serta diujicobakan kepada siswa kelas VII-A. Subjek uji coba dilakukan di Pondok Pesantren Darul Istiqomah, Hutapadang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian dan analisis penilaian oleh para ahli LKS yang dikembangkan layak dijadikan sebagai salah satu bahan ajar Matematika untuk siswa kelas VII. Berdasarkan penilaian seluruh aspek kevalidan LKS ditunjukkan dengan nilai 84%, nilai ini didapat dari nilai rata-rata ketiga validator lalu dikali seratus persen, dan dikategorikan sangat valid. Serta kepraktisan LKS dari seluruh aspek ditunjukkan dengan nilai 71%, nilai ini didapat dari nilai rata-rata angket respon 21 siswa lalu dikali seratus persen, dan dikategorikan praktis dari angket respon siswa, terlaksananya seluruh komponen.