Pengaruh strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al Amin Mompang Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Hasibuan, Ahmad Roihan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6725/1/1620200092.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6725/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam penalaran logis matematika. Sehingga menyebabkan siswa malas atau bosan untuk mempelajari pembelajaran matematika dikarenakan guru yang menjelaskan terlalu monoton dan tanpa inovasi maka perlu diadakan sebuah strategi yang berguna untuk membuat siswa tertarik dalam belajar sehingga mereka lebih mudah untuk mempelajari dan memahaminya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah; apakah ada pengaruh yang signifikan strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas pada materi perbandingan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi berhitung berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas pada materi perbandingan. Jenis penelitian yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian kuatitatif eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas yang dengan sampel 50 siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan tes essay. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan strategi berhitung berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa di kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten padang Lawas, terlihat pada hasil anlisis bahwa hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa hitung tabel t  t (3,285>1,677) maka hipotesis penelitian dapat diterima artinya dari penerimaan Ha disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara strategi berhitung (different strategies) terhadap penalaran logis matematika siswa kelas VIII MTs S Al-Amin Mompang Kabupaten Padang Lawas.