Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi perkalian dengan menggunakan model pembelajaran index card match berbantuan media mistar hitung di kelas III Sd Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Pohan, Siti Nurmawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6717/1/1620500101.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6717/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, yaitu pada pokok bahasan perkalian. Saat belajar materi tersebut siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal perkalian. Ole karena itu perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salasatunya dengan menerapkan model pembelajaran berbantuan media pembelajaran dalam pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai sehingga siswa tidak terdorong untuk mengekspresikan idenya dalam belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Mistar Hitung Di Kelas III SD Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak, dan apakah ada Peningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Mistar Hitung Di Kelas III SD Negeri 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan Media Mistar Hitung dikelas III SDN 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing terdiri dari empat kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 0901 Tanjung Baringin Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas yang berjumlah 15 orang. Instrumen pengumpulan data dengan tes pemahaman konsep siswa dan lembar observasi kegiatan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa meningkat pada materi perkalian melalui model pembelajaran Index Card Match berbantuan Media Mistar Hitung, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes pemahaman konsep siswa dimana rata-rata tes meningkat yaitu 58,33 pada tes awal menjadi 64,73 pada tes siklus I pertemuan 1 dan menjadi 70 pada tes siklus I pertemuan 2 dan menjadi 74,33 pada siklus II pertemuan 1 dan meningkat menjadi 80 pada siklus II pertemuan 2.