Analisis kesulitan mahasiswa Mahad Al-Jamiah mempelajari Bahasa Arab bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Main Author: Batubara, Ali Gusti Habibi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6707/1/1620100057.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6707/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penguasaan materi bahasa Arab mahasiswa masih kurang. Banyak mahasiswa Mahad Al-Jamiah yang mengatakan bahwa bahasa Arab itu susah dipahami. Yang menjadi faktor permasalahan mempelajari Bahasa Arab bagi mahasiswa adalah kurang menguasai kosa kata/mufrodat, kurangnya latihan/praktek, kurang faham dalam menggunakan الضمير dalam suatu kalimat kurangnya pengetahuan mengi`rab. banyaknya mahasiswa Mahad Al-Jamiah juga berbahasa batak sehingga menjadi sukar dalam mengucapkan Bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa kesulitan yang dihadapi mahasiswa Mahad Al-Jamiah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dalam mempelajari Bahasa Arab, apa faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Mahad Al�Jamiah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan mengalami kesulitan dalam mempelajari Bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi mahasiswa Mahad Al-Jamiah dalam memepelajari Bahasa Arab pada Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, untuk mengetahui mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Mahad Al-Jamiah kesulitan dalam mempelajari Bahasa Arab pada Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sumber data yang dibutuhkan yaitu 30 mahasiswa Mahad Al-Jamiah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan semester satu dan 2, Dosen bahasa Arab untuk data primer, Data sekunderyang diperoleh secara tidak langsung dari informan di lapangan, yaitu Ketua Jurusan dan Sekertaris Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Adapun analisis data yang digunakan adalah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menemukan bahwa kesulitan mahasiswa dalam belajar bahasa arab yaitu kurangnya pengetahuan tentang Nahwu dan Sharafnya, dalam mengi‟rab, dan menggunakan domir dan menerjemahkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam belajar bahasa arab yaitu faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal yang bersumber dari mahasiswa itu sendiri yaitu sikap terhadap belajar, minat dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal yang datang dari luar yaitu lingkungan sekolah, alat�alat belajar danteman sejawat.