Pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian laptop Acer (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)
Main Author: | Dahlan, Muflih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6706/1/1440200115.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6706/ |
Daftar Isi:
- Laptop Acer merupakan salah satu merek laptop yang berusaha memenuhi kebutuhan dengan menciptakan dan mengedepankan teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang menggunakan laptop Acer, sedangkan masih banyak terdapat laptop sejenis yang mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan laptop Acer dan memiliki merek yang cukup terkenal, namun mereka masih memilih laptop Acer. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ekonomi Syariah yaitu Manajemen Bisnis. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, harga, dan citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistic yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai Adjusted R square sebesar 47,3% menunjukkan variable harga dan citra merek, mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh faktor�faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (2,731 > 1,662). Variabel citra merek mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai (3,319 > 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa harga dan citra merek, mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dengan nilai Fhitung > Ftabel 368,440 > 2,36).