Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Nursawalina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/667/1/12%20330%200033.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/667/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya latihan sehingga siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pada pokok bahasan lingkaran khususnya pada unsur-unsur lingkaran, keliling lingkaran, dan luas lingkaran, serta siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with pretest and posttest). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 143 siswa, sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas VIII – 2 yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII – 3 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) yang berjumlah 8 soal materi lingkaran. Data yang terdapat dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chikuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 2,065 > ttabel = 1.67, sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII MTs.N 2 Padangsidimpuan.