Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qu’an Hadits di MTs Negeri 2 Tapanuli Tengah
Main Author: | Siregar, Israwati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6665/1/1620100013.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6665/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa kenyataan yang terjadi dilapangan masih jauh dari harapan�harapan yang ada. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menerima materi yang dijelaskan oleh guru. ketika proses pembelajaran berlangsung sebagian besar siswa cenderung pasif tanpa mau menanggapi materi yang di sampaikan guru, duduk diam dan hanya mendengarkan dan mencatat yang diberikan oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajaran Al-Qur‟an Hadits pada siswa di kelas VIII-1 MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah, apa upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al�Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits siswa kelas VIII-1 MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah, untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif. Instrumen pengumpulan data dari tata usaha, yang digunakan terdiri dari observasi lapangan, wawancara langsung dengan kepala sekolah, wali kelas, guru Al-Qur‟an Hadits, siswa kelas VIII-1, dokumentasi siswa binaan hafidz Al-Qur‟an dan daftar prestasi perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur‟an (MTQ). Hasil penelitian dari upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur‟an Hadits di MTS Negeri 2 Tapanuli Tengah adalah: disiplin dalam mengikuti binaan hafidz Qur‟an, terampil dalam belajar, siswa mengikuti perlombaan MTQ antar sekolah, guru membuat peraturan kepada siswa saat belajar Al-Qur‟an Hadits, menentukan jadwal pertemuan anatara guru dan siswa saat belajar Al-Qur‟an Hadits, adanya metode, tugas dan muraja‟ah hapalan ayat. Kesimpulan skripsi ini menjelaskan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan metode yang bervariasi, memberikan tugas dan penghargaan kepada siswa, membimbing siswa untuk tetap muraja‟ah.