Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas V SDN 200508 Sihitang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan
Main Author: | Sahro, Koimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6656/1/1620100099.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6656/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar dalam membaca dan menulis Al-Qur’an masih ditemui antara lain tidak semua siswa bisa membaca dan menulis Al-Qur’an seperti: tidak memahami huruf-huruf hijaiyyah, tidak memahami tanda baca, tidak memahami tajwid, dan susahnya menulis huruf�huruf hijaiyyah, untuk itu diperlukan strategi guru dalam mengatasi baca tulis Al�Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar baca tulis Al-Qur’an di SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan, dan bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al�Qur’an di SDN 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk menganalisisnya dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami siswa antara lain: tidak memahami huruf-huruf hijaiyyah, tidak memahami tanda baca, tidak mahami tajwid, dan susahnya menulis huruf-huruf hijaiyyah, 2) strategi guru dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an yakni: memberikan motivasi, menyarankan kepada kedua orang tua belajar mengaji dirumah, metode mengulangi pelajaran, menambah jam di luar jam pelajaran.