Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTsS Darul Istiqomah Padangsidimpuan pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji
Main Author: | Aruan, Kholidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6653/1/1620100094.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6653/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat belajar siswa yang dikarenakan guru masih menerapkan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Guru sering menggunakan metode ceramah yang mendominasi pembelajaran sehingga siswa lebih sering dijadikan sebagai objek belajar dari pada subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams GamesTournament (TGT) dalam pembelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTsS Darul Istiqomah Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan: (a) Perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, (d) refleksi dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTsS Darul Istiqomah Padangsidimpuan yang berjumlah 19 siswa. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Setelah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) sehingga diperoleh peningkatan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari nilai hasil belajar siswa pada setiap Siklus meningkat, presentase pada Prasiklus (15,79%) kemudian dilanjutkan Siklus I pertemuan ke-I (26,32%), meningkat pada Siklus I Pertemuan ke-2 (36,84%), kemudian meningkat lagi pada Siklus II Pertemuan ke-I (57,89%), selanjutnya meningkat lagi pada Siklus II Pertemuan ke-2 ( 82,11%), karena hasil belajar sudah meningkat dan telah mencapai ketuntasan ≥75 % dari jumlah siswa seluruhnya. Dengan demikian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sudah mencapai 75, maka penelitian ini telah dikatakan berhasil dan dapat diberhentikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams GamesTournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak terpuji kelas VIII MTsS Darul Isqomah Padangsidimpuan.