Pengaruh harga dan promosi terhadap minat masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Habibah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6632/1/1640200143.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6632/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyak perusahaan yang menjadi pesaing kantor pos dengan menawarkan jasa yang sama, harga yang mahal, promosi yang belum maksimal sehingga masyarakat tidak menggunakan jasa kantor pos. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh harga dan promosi terhadap minat masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi secara parsial dan simultan terhadap minat masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan minat masyarakat, harga dan promosi. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori berkaitan dengan minat masyarakat, harga, dan promosi. Minat adalah kemauan hati seseorang untuk memiliki suatu objek yang menyangkut dirinya. Harga merupakan penentuan dari suatu produk yang merupakan titik pertemuan dari produk yang ditawarkan akan produk yang dimaksud. Promosi merupakan upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk/jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli. Dalam kegiatan setiap perusahaan berusaha untuk mempromosikan seluruh produk/jasa yang dimilikinya tanpa promosi jangan diharapkan pelanggan dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 69 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesionar, dan dokumentasi. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinan R2 , uji parsial (uji t), uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh harga terhadap minat masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos Kayu Laut. Namun, secara parsial terdapat pengaruh promosi terhadap minat masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos Kayu Laut. Secara simultan terdapat pengaruh harga dan promosi terhadap minat masyarakat menggunakan jasa Kantor Pos Kayu Laut.