Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP N. 1 Angkola Barat
Main Author: | Harahap, Hamka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6631/1/1620100078.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6631/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah model yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terlalu lama menjadikan siswa merasa bosan dalam belajar membuat para siswa bermain saat guru menjelaskan mata pelajaran dan pembelajaran yang disampaikan terkesan monoton sehingga membuat proses pembelajaran tidak menarik yang mengakibatkan hasil belajar tidak memuaskan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Angkola Barat?. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Angkola Barat. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan motode rendomized control group pre test post test control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N.1 Angkola Barat yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-a kelas kontrol dan VIII-b kelas eksperimen dengan jumlah 58 siswa. Sampel dikelas eksperimen yang diberi perlakuan 29 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 29 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Dari hasil penelitian analisis data, soal post test yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa dengan materi jujur dan adil diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,55 dan kelas kontrol 76,72. Berdasrkan pengolahan data dengan menggunakan uji-t kedua kelas memiliki perbedaan, dimana dengan hitung tabel t t yaitu 3,74>2,045 berarti Ha diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran koopertif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N.1 Angkola Barat.