Pengaruh self regulated learning pada masa Covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 02 Barumun Tengah

Main Author: Harahap, Nuranny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6621/1/1620200109.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6621/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran di rumah merupakan suatu kendala bagi sebagian siswa untuk memahami materi pelajaran sehingga siswa dituntut untuk mengontrol diri supaya dapat menyelesaikan tugas yang diberi tanpa penjelasan dari guru. Siswa hanya bisa berinteraksi dengan guru lewat smart phone sehingga kemauan belajarnya sangat minim. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah; (1) Bagaimana Self Regulated Learning siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Barumun Tengah di Desa Hutaruom dalam belajar Matematika pada Covid-19? (2) Bagaimana hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Barumun Tengah pada masa pandemi Covid-19? (3) Apakah terdapat pengaruh Self Regulated Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Barumun Tengah di Desa Hutaruom? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dan pendekatan ex post pacto. Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Barumun Tengah yang berjumlah 30 siswa, dan metode pengambilan sampel i sampling jenuh yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi sedangkan data analisis dengan menggunakan metode analisis korelasi, determinansi dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis data angket Self Regulated Learning diperoleh dari kriteria yang ditetapkan dapat interpretasikan skor sebesar 68,44 berada pada interval daerah “cukup”. Data hasil belajar Matematika siswa diperoleh mean sebesar 79,07 berada pada kategori “baik”, dengan kata lain hasil belajar Matematika siswa kelasVIII SMP Negeri Barumun Tengah “baik". Perhitungan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 30,36%. Jadi dapat diketahui bahwa 30,36% variabel Self Regulated learning pada masa Covid-19 mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa. Sedangkan 69,64%% sisanya perubahan hasil belajar Matematika siswa dipengaruhi oleh faktor lain.