Efektivitas belajar pendidikan agama Islam di rumah peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Daulay, Ika Nurmahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6620/1/1620100014.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6620/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari kurangnya efektivitas belajar pendidikan agama Islam diketahui kurang optimal, hal tersebut dikarenakan guru belum mampu mengatur waktu belajar dan kurang disiplin dalam mengatur waktu belajar, sehingga waktu yang tertulis dalam jadwal pelajaran, sehingga belum sesuai dengan praktek pelaksanaannya. Sama halnya dengan guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ujung Batu yang harus mampu mengefektifkan proses belajar mengajar kepada peserta didik pada saat belajar di rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana efektivitas belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 kabupaten Padang Lawas Utara, (2) apa saja kesulitan yang dihadapi siswa selama belajar di rumah, (3) apa upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa selama belajar di rumah. Maka tujuannya untuk (1) mengetahui gambaran efektivitas belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 kabupaten Padang Lawas Utara, (2) untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa selama belajar di rumah, (3) untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa selama belajar di rumah. Metodologi penelitian ini adalah metode deskriptif, metode yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan objek sesuai dengan adanya. Instrumen pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Responden dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam, peserta didik di Sekolah nengah Pertama (SMP) Negeri 1Ujung Batu, orangtua peserta didik, kepala sekolah dan guru-guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ujung Batu. Hasil penelitian ini adalah bahwa efektivitas belajar pendidikan agama Islam di rumah peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ujung Batu yaitu sudah efektif, yaitu berupa ketuntasan individual yang memiliki nilai rata-rata yaitu 86.71. Kesulitan yang dihadapi siswa selama belajar di rumah ialah tidak ada paket, jaringan yang kadang lambat, tidak ada handphone, dan lain�lain. Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar di rumah yaitu ditelpon peserta didik ataupun orangtua peserta didik, berkomunikasi dengan guru dan teman, persiapkan teknologi yang dibutuhkan untuk mempermudah proses pembelajaran melalui orangtua peserta didik, dan lain-lain.