Pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa di kelas VIII MTs Negeri 2 Mandailing Natal
Main Author: | Sari, Lisda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6609/1/1620100103.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6609/ |
Daftar Isi:
- Penguatan adalah segala bentuk respon yang bersifat verbal ataupun non verbal sebagai umpan balik yang diberikan terhadap tingkah laku siswa. Siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Mandailing Natal masih banyak yang mengalami kesulitan terhadap tanggung jawab belajar terbukti adanya sebagian besar siswa terlihat kurang bersemangat dalam belajar, dan enggan menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberikan. Jika guru memberikan pekerjaan atau tugas-tugas sekolah hanya setengah jumlah siswa yang dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar siswa MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Jenis pnelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Serta menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier sederhana dengan menggunakan uji-t sebagai metode analisis data, teknik instrument pengumpulan data yag digunakan adalah angket. peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pemberian penguatan guru pendidikan agama Islam terhadap tanggung jawab belajar Siswa di Kelas VIII MTs Negeri 2 Mandailing Natal. Hal ini terbukti dari koofesian korelasi yang diperoleh siswa ( adalah sebesar Rxy = 0,489 > rtabel = 0,361, dan thitung = 2,965 > ttabel = 2,048 pada tarap signifikan 0,05%.