Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) pada materi operasi bilangan bulat di Kelas IV SD Negeri No. 013 Simangambat Kecamatan Siabu
Main Author: | Putri, Nini Azizah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6596/1/1620200088.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6596/ |
Daftar Isi:
- Temuan awal penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Masalah ini terjadi karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga pada saat pembelajaran siswa kurang aktif dan sebagian siswa terlihat malas mengikuti pembelajran. Maka, untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menawarkan satu pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi bilangan bulat di kelas IVSD Negeri No.013 Simangambat Kecamatan Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri No. 013 Simangambat Kecamatan Siabu berjumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes bentuk essay dan lembar observasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model siklus. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Dalam satu siklus terdiri atas 2 kali pertemuan, adapun tahapan yang dilakukan dalam setaip siklus adalah tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi operasi bilangan bulat meningkat melalui pendekatan Pendidikan Matematika Reakistik (PMR), hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran siswa dan nilai siswa pada uji studi pendahuluan dan setalah siklus yaitu uji studi pendahuluan persentase ketuntasan siswa sebesar 23,53% (4 dari 17 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 52,94, siklus I pertemuan ke-1 persentase ketuntasan siswa sebesar 35,30% (6 dari 17 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 58,82, siklus I pertemuan ke-2 persentase ketuntasan siswa sebesar 52,94% (9 dari 17 siswa ) dengan nilai rata-rata 67,05. Sedangkan siklus II pertemuan ke-1 persentase ketuntasan siswa sebesar 70,59% (12 dari 17 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 74,41 dan siklus II pertemuan ke-2 persentase ketuntasan siswa sebesar 88,24% (15 dari 17 siswa) dengan nilai rata-rata kelas 80,88. Karena peresentase ketuntasan sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan ke-2.