Pengaruh pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di Kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Rambe, Yuni Sara Kholijah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6594/1/1620200065.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6594/
Daftar Isi:
  • Kemampuan penalaran analogi matematik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat pada mata pelajaran matematika masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ataupun pendekatan konvensional yang dilakukan guru, mengakibatkan kemampuan bernalar siswa belum optimal. Dengan kondisi pembelajaran yang demikian itu, maka memerlukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut seharusnya guru menerapkan pendekatan pembelajaran Metaphorical Thinking untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran analogi siswa. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh pendekatan Metaphorical Thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Non Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari 10 kelas sebanyak 136 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi yaitu kelas IXA1 sebanyak 14 siswa dan kelas IXA2 sebanyak 14 siswa. Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data digunakan rumus uji normalitas Kolmogorov smirnov, uji homogenitas dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh rata-rata kelas eksperimen yaitu 76,50 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 70,79. Sedangkan dari analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,790. Dibandingkan dengan ttabel yaitu dengan α = 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) = 26 maka diperoleh ttabel yaitu 2,056. Karena thitung > ttabel yakni 4,790 > 2,056, yang menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan Metaphorical Thinking terhadap kemampuan penalaran analogi matematik siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 1 Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan.