Pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan
Main Author: | Dongoran, Hetty Elisia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6590/1/1620100075.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6590/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya sarana prasarana seperti buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk pegangan siswa serta kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruhpendekatansaintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipiok Kabupaten Tapanuli Selatan? tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipiok Kabupaten Tapanuli Selatan Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest posttest desigh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.Sampel berjumlah 25 orang untuk kelas eksperimen, dan 25 orang untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Chi-Kuadrat, uji kesamaan variansi dan uji t. Hasil uji pesyaratan analisis data diperoleh dikelas sampel berdistribusi normal. Pengujian hipotesisi kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,063 denga α 5% dan dk = n1-1 n2 -1 = 48. Diperoleh daftar distribusi ttabel = 1,677 karena Thitung (2.063) >Ttabel (1,677) maka hipotesis penelitian ini dapat diterima. Melihat kondisi ini maka hipotesis penolakan H0 dan penerimaan Ha terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Sipirok Kecamatan Sipirok KabupatenTapanuli Selatan.