Pengaruh metode quiz team terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTs Robi'ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Hasibuan, Nur Aisyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6569/1/1620200074.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6569/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, siswa kurang aktif karena proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan guru kurang dalam menggunakan metode yang inovatif. Guru harus menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah metode pembelajaran quiz team. Metode qiz team ini melatih kemampuan siswa dalam berdiskusi dengan belajar kelompok dan semua siswa berperan aktif dan membuat siswa semangat dan focus dalam belajar. Dengan menggunakan metode quiz team ini diharapkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana nilai pretest siswa kelas VII pada kelas eksperimen dan kelas control? Bagaimana nilai posttest siswa kelas VII pada kelas eksperimen dan kelas kontrol? dan Apakah ada pengaruh metode Quiz Team terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTs Robi‟ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai pretest siswa kelas VII pada kelas eksperimen dan kelas control, mengetahui nilai posttest siswa kelas VII pada kelas eksperimen dan kelas control, dan untuk mengetahui pengaruh metode Quiz Team terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTs Robi‟ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Robi‟ul Islam Pasar Latong yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 156 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIa sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIIb sebagai kelas kontrol. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data, soal post test yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 83,70 dan kelas kontrol 78,65. Hasil pengujian hipotesis diproleh hitung tabel t t yaitu 2,214 2,000 dengan taraf signifikan 5 % maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh metode Quiz Team terhadap hasil belajar matematika siswa di MTs Robi‟ul Islam Pasar Latong Kabupaten Padang Lawas.