Perbandingan hasil belajar matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran make a match (MAM) dengan think pair share (TPS) pada materi matriks di kelas XI Madrasah Aliyah Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Main Author: Yulita, Hema
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6566/1/1620200018.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6566/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Matematika di madrasah yang membosankan karena guru menyampaikan materi pembelajaran dengan model yang tidak bervariasi yang membuat peserta didik menjadi kurang tertarik terhadap pembelajaran Matematika. Sehinnga peserta didik kesulitan dalam memahami konsep Matematika dan mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Secara Signifikant Antara Penggunaan Model Pembelajara Make A Match (MAM) dengan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Matriks di kelas XI MA Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara penggunaan model pembelajaran Make A Match (MAM) dengan Think Pair Share (TPS) pada materi matriks di Kelas XI MA Darul Istoqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Nonequivalent Control Group. Popolasi penelitian ini adalah siswa kelas XI-A dan kelas XI-B MA Darul Istiqomah Huta Padang yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian diambil teknik cluster random sampling yaitu 40 siswa. Sampel kelas eksperimen A (XI-A) yang diberikan model pembelajaran Make A Match (MAM) yang berjumlah 22 siswa dan kelas eksperimen B (XI-B di berikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang berjumlah 18 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 2,226 > ttabel = 2,025 maka Ha diterima dan sebaliknya H0 ditolak. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa “Tedapat Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunkan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Matriks di Kelas XI MA Darul Istiqomah Huta Padang Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan.