Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Nurhasanah, Nurhasanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6565/1/1620200016.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6565/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini, karena kurangnya minat siswa dalam belajar Matematika maka perlu ditingkatkan keterampilan mengajar guru di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat keeratan hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika? Seberapa besar sumbangan keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika? apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika, untuk mengetahui besar sumbangan keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika, untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A DAN XI B yang berjumlah 56 siswa. sedangkan sampel penelitian yang diambil dari kelas XI B yaitu berjumlah 22 siswa dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel dengan dilakukan dengan teknik purposive sampling, instrument yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket berbentuk pilihan pernyataan, Uji hipotesis, Uji signifikan, dan Uji-t. Berdasarkan hasil uji-t dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan keterampilan mengajar guru memiliki nilai rata- rata 55,22 dan minat siswa dengan nilai rata- rata 41,60 artinya rata�rata keterampilan mengajar guru lebih baik daripada minat belajar siswa. dengan uji-t diperoleh thitung = 9,935 ttabel = 1,721, maka dapat disimpulkan bahwa korelasi variabel x (keterampilan mengajar guru) terhadap y (minat belajar siswa) adalah “signifikan”. Dari perhitungan tersebut terlihat penerimaan Ha ,”Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap minat siswa dalam belajar matematika di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal,”. Dan penolakan Ho.