Pengaruh persepsi dan kepercayaan terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah (studi kasus guru Madrasah Aliyah Negeri Tapanuli Selatan)

Main Author: Rohani, Marnida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6563/1/1640100095.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6563/
Daftar Isi:
  • Mayoritas guru Madrasah Aliyah Negeri Tapanuli Selatan beragama Islam, akan tetapi berdasarkan survei terdapat 70 dari 100 guru yang menggunakan layanan perbankan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan kepercayaan, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah (studi kasus Guru Madrasah Aliyah Negeri Tapanuli Selatan). Minat menjadi nasabah diartikan sebagai kecenderungan seseorang untuk bertindak sebelum membuat keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah. Adapun masalah yang diteliti pengaruh persepsi dan kepercayaan terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi, kepercayaan dan minat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan analisis data berupa uji validitas, uji reabilitas, uji linearitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linier berganda, uji R square, uji signifikansi parsial (uji t), dan uji signifikan simultan (uji F). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 50 guru dengan teknik pengambilan sampel adalah rumus slovin. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh persepsi terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah dan ada pengaruh kepercayaan terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa persepsi dan kepercayaan mempunyai pengaruh terhadap minat guru menjadi nasabah perbankan syariah. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,871 artinya korelasi antara variabel persepsi dan kepercayaan terhadap minat menjadi nasabah perbankan syariah terjadi hubungan yang kuat. Nilai Ajusted R Square sebesar 0,749 atau sama dengan 74,9%.