Pengaruh religiusitas, lingkungan sosial, dan iklan terhadap minat menabung (studi kasus: masyarakat Kelurahan Wek V Siborang Kec. Padangsidimpuan Selatan)

Main Author: Lubis, Aminah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6554/1/1640100003.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6554/
Daftar Isi:
  • Bank syariah merupakan bank yang melaksanakan Kegiatanya berdasarkan prinsip-prinsip Islam dan menggunakan sistem bagi hasil atau tidak menggunakan bunga bank dalam kegiatan operasionalnya. Bank syariah berfungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Masyarakat Kelurahan Wek V Siborang Kec. Padangsimpuan Selatan merupakan mayoritas muslim, mudah mendapatkan informasi, brosur, spanduk, promosi dari bank syariah dikarenakan dekat dengan lokasi, yang memiliki potensi dalam menggunakan bank syariah. Namun pada kenyataanya hanya sedikit masyarakat yang menggunakan bank syariah. Adapun rumusan masalah ini apakah religiusitas, lingkungan sosial dan iklan berpengaruh terhadap minat menabung di Bank Syariah secara parsial dan simultan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiusitas, lingkungan sosial dan iklan terhadap minat menabung di bank syariah secara parsial dan simultan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ekonomi dan perbankan syariah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan religiusitas, lingkungan sosial, iklan, dan minat serta bagian-bagian ilmu tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi, kemudian pengolahan datanya`menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS Versi 23. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah. Pada variabel lingkungan sosial dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan sosial terhadap minat menabung di bank syariah. Pada variabel iklan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh iklan terhadap minat menabung di bank syariah. Religiusitas, lingkungan sosial dan iklan bersama- sama berpengaruh terhadap minat menabung di Bank Syariah.