Strategi bisnis pada layanan aplikasi mobile pegadaian syariah digital menggunakan analisis SWOT (studi kasus: Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak)

Main Author: Harahap, Paisal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6530/1/1640100090.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/6530/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi bisnis pada layanan aplikasi Pegadaian Syariah Digital dalam menunjang transaksi serta mengoptimalkan potensi dan peluang yang ada didalam menghadapi persaingan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui wawancara mendalam dengan karyawan Pegadaian Syariah CPS Alaman Bolak. Adapun pembahasan hasil penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa prosedur dan proses penerapan pada (PSD) tidak sepenuhnya dilakukan secara online. SWOT Analaysis juga menunjukkan hasil bahwa layanan (PSD) memiliki potensi kekuatan internal yang sangat baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk menarik keuntungan, dimana memerlukan strategi pertumbuhan yang agresif. Sehingga (PSD) dalam hal ini mempertajam nilai unik atau diferensisasi perusahaan dalam menghadapi persaingan.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan dibuatnya aplikasi PSD sudah sesuai dengan tujuan Pegadaian Syariah, yaitu mampu memudahkan nasabah bertransaksi dan bisa memberikan layanan yang berdampak pada kepuasan nasabah juga menekankan keterbukaan informasi secara detail dan valid supaya menghindarkan kedzaliman dalam berbisnis.